Info Daerah

WARGA MANOKWARI SHOLAT IDUL ADHA DI LAPANGAN BORASI

Administrator | Senin, 05 Oktober 2015 - 09:46:41 WIT | dibaca: 270 pembaca

Cuaca cerah manyelimuti kota Manokwari.  Gema takbir, tahlil dan tahmid menggema di seluruh angkasa kota Manokwari sejak malam hari.  Hari itu Kamis, 24 September 2015 sejak pagi hari warga Manokwari telah bersiap-siap mengikuti sholat Idul Adha. Pelaksanaan sholat idul adha sendiri dilaksanakan tepat jam 07.00 WIT di lapangan Borasi Manokwari.

Bertindak sebagai imam Drs. H. M. Tholib dan khotib Drs. Moh. Mukti (Ketua PA. Manokwari). Setelah dilaksanakan sholat idul adha, maka khotib menyampaikan khutbah idul adha yang bertema :” AKTUALISASI MAKNA IDUL ADHA DALAM KEHIDUPAN “.

Dalam khutbahnya khotib menjelaskan tentang makna idul adha yang bermakna kembali pada semangat pengorbanan/gelora perjuangan demi tegaknya agama Allah. Di tengah-tengah menyambut Hari Akbar ini, fenomena di sekitar perlu direnungkan dalam-dalam. Sudah 70 tahun bangsa Indonesia merdeka, namun masih menyisakan masalah yang menghinggapi bangsa ini.

Khotib mengutip pidato Presiden Jokowi dalam sambutannya saat membuka Kongres IV PKPI tanggal 18 April 2015 di Medan yang mengemukakan 4 (empat) tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia antara lain Pertama adalah pengangguran, Kedua adalah tingkat kemiskinan yang masih sangat tinggi, Ketiga, kesenjangan sosial baik yang kaya atau yang miskin,, Keempat masalah korupsi.

Selain keempat tantangan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan kondisi ekonomi global yang sangat tidak mendukung, baik pertumbuhan ekonomi global maupun keuangan global, dimana akhir-akhir ini rupiah tertekan oleh dolar Amerika.

Permasalahan-permasalahan yang melilit bangsa kalau dibiarkan bukan hanya akan menimbulkan kerawanan sosial, tetapi yang lebih besar mengakibatkan perpecahan sesama anak bangsa bahkan boleh jadi akan menyebabkan disintegrasi bangsa, yang tentunya tidak diinginkan.

Selanjutnya untuk mengatasi permasalahan bangsa tersebut perlu adanya konsep-konsep yang perlu diaktualisasikan kembali sebagaimana tercermin dalam pribadi Ibrahim AS dan keluarganya yaitu:

Pertama, keikhlasan dalam bekerja dan berkurban;

Hakikat Idul Adha adalah kembali kepada pemahaman nilai kurban yang berpangkal dari konsep keimanan dan kemanusiaan, dua pilar terpenting peradaban manusia. Kurban bermakna taqarrub, yakni mendekatkan diri kepada Allah. Kedekatan antara hamba dan sang khalik tidak mungkin terjadi jika sang hamba berjiwa kotor, berhati keras, dan berpikiran jahat. Manusia yang berhati ikhlas akan senantiasa membekali diri untuk memperjuangkan nilai-nilai Ilahiah serta kemanusiaan, terutama bagi bangsa yang saat ini tercabik-cabik akibat krisis multidimensi.

Kurban disimbolkan dengan menyembelih hewan. Dengan semangat Idul Qurban, manusia harus mampu “menyembelih” watak buruk dan sifat kebinatangan yang ada dalam dirinya; seperti rakus, serakah, zalim, menindas. Dan ini hanya bisa diraih bagi hamba yang bersih hatinya (ikhlas).

Kedua, kesederhanaan.

Ibrahim mendapat gelar Kholilullah (kekasih Allah) dan mendapatkan karunia harta yang luar biasa. Namun dengan pribadi yang agung, mampu menselaraskan kehidupan ini dengan penuh kesederhanaan. Begitupun bagi orang yang melaksanakan ibadah haji hanya menggunakan kain ihrom berwarna putih yang sangat simpel dan sederhana, siapapun orangnya, baik pejabat atau rakyat, berharta maupun papa.

Konsep ini mengharuskan hamba untuk tidak melakukan perbuatan yang sifatnya foya-foya, menghambur-hamburkan harta yang tiada berguna, padahal di sekelilingnya masih banyak yang membutuhkannya.

Dalam masa sekarang kita butuh pemimpin yang memiliki sense of crisis and sense of belonging . Namun hal ini sepertinya masih jauh panggang dari api.

Di saat-saat semua harga kebutuhan pokok masyarakat naik, ada sekelompok anggota DPR yang menginginkan naik gajinya dan tunjangannya. Sungguh ini patut disesalkan karena nampaknya kurang ada rasa kepedulian terhadap penderitaan yang dialami masyarakat.

Ketiga, Memelihara kebersamaan                                                                                  

Islam memerintahkan agar setiap muslim membina masyarakat yang dibangun di atas prinsip tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan. Dalam merealisasikannya, semua pihak harus bisa merasakan kebersamaan dan persaudaraan yang tulus.

Dengan kurban, semoga bisa mampu membangun kebersamaan antar sesama tanpa harus disekat oleh primordialisme dan atribut-atribut luar lainnya. Diharapkan kurban mampu menyambungkan sikap tenggang rasa dan saling mencintai antara mereka yang lapang rezkinya dengan yang sempit.

Idul Adha sebagai pelambang satu kesatuan umat yang merupakan syarat mutlak bagi keberhasilan setiap usaha bersama. Hal ini juga tercermin, jutaan kaum Muslimin dari berbagai penjuru dunia, dari berbagai tingkat/strata sosial berkumpul di padang Arafah yang merupakan daerah terbuka dan daerah damai, berhentilah di sana segala macam persengketaan.

 Keempat, istiqomah dalam menegakkan kebenaran dan keadilan.

Ibrahim adalah pejuang sejati yang tidak mempunyai rasa putus asa jika menghadapi tantangan yang berat walau berhadapan dengan kekuasaan sekalipun. Ibrahim berprinsip, bahwa kebenaran adalah kebenaran yang tidak bisa ditawar-tawar.

Profil Nabi Ibrahim AS dan keluarganya memberikan pelajaran kepada kita semua akan keharusan mempertahankan dan memperkokoh jati diri sebagai seorang mukmin yang selalu berusaha untuk berada pada jalan hidup yang benar, apapun tantangan, keadaan dan bagaimanapun situasi serta kondisinya. Dengan perilaku istiqomah siapapun akan bersikap amanah dalam memikul jabatan, tidak korupsi, kolusi dan nepotisme.

Dalam kesempatan tersebut khotib juga mengajak kepada seluruh jamaah agar mendoakan kepada jamaah haji yang meninggal dunia terlebih lagi yang kena musibah ambruknya crane di Masjidil Haram, moga Allah senantiasa memberikan kenikmatan di alam kubur hingga alam akhirat, yang luka diberikan kesembuhan oleh Allah SWT. Bagi keluarga yang berduka kita doakan moga Allah berikan kesabaran, ketabahan, iman dan taqwa.

Khotib juga berharap dengan semangat dan makna idul adha, akan terwujud kedamaian dan ketentraman di belahan dunia manapun dan mendoakan moga korban perang saudara di berbagai negaramenyebabkan eksodus besar-besaran untuk mencari suaka akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. 

Insya Allah tahun ini akan dilaksanakan Pilkada, untuk itu diharapkan agar mampu menjaga ketertiban dan keamanan. Siapapun pmpinan daerah yang terpilih harus didukung demi kemajuan Kabupaten Manokwari sesuai visinya “TERWUJUDNYA KABUPATEN MANOKWARI SEBAGAI KABUPATEN JASA YANG BERMARTABAT (BERSIH, MAKMUR, TAAT DAN BERSAHABAT)”. Bersih dari sampah, dan bersih praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), bersih dari penyakit masyarakat, kemakmuran bagi warganya akan terwujud, masyarakatnya taat terhadap ajaran agama dan aturan sehingga keamanan, kenyamanan dan ketertiban tetap terjaga serta menjunjung tinggi nilai persahabatan, santun, akrab dan dapat menyenangkan bagi siapapun yang berkunjung.










Komentar Via Website : 653
Obat Ejakulasi Dini
05 Oktober 2015 - 15:51:21 WIB
Pengobatan Tradisional Infeksi Gastrointestinal Yang Tepat
06 Oktober 2015 - 07:28:05 WIB
Semoga apa yang sudah diberikan dapat bermanfaat..sukses terus ya..
semangat semangat semangat...Terimakasih
Obat Ejakulasi Dini
06 Oktober 2015 - 13:01:06 WIB
Obat Ampuh Cepat Kurus Alami
06 Oktober 2015 - 16:28:00 WIB
Terimakasih atas informasinya ;) dan kunjungi ya http://www.ramuanalami.co.id/2015/10/obat-alami-ampuh-cepa t-kurus.html
Obat Ampuh Cepat Kurus Alami
06 Oktober 2015 - 16:28:28 WIB
Terimakasih atas informasinya ;) dan kunjungi ya http://www.ramuanalami.co.id/2015/10/obat-alami-ampuh-cepa t-kurus.html
Cara Menyembuhkan Maag Secara Alami
07 Oktober 2015 - 13:45:46 WIB
Selamat siang, thanks banget untuk beritanya... semoga makin sukses.
Obat Tradisional Penyakit Kanker Hati Super Ampuh
08 Oktober 2015 - 07:24:48 WIB
Jika kita mensyukuri apa yang kita miliki, kita telah selangkah sampai pada kebahagiaan.
Sore !!
http://goo.gl/7aVvMf | http://goo.gl/SybMlY |
AwalKembali 123... 66 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)